Thursday, November 24, 2011

TIPS MEMILIH SHAMPOO

Tips memilih Shampoo, di pasaran banyak beredar shampoo, shampoo dengan berbagai merk dan bahan. saking banyaknya shampoo yang beredar sangat sulit bagi konsumen untuk memilih yang cocok dengan rambut mereka. maka kali ini saya akan memberikan Tips memilih shampoo yang baik.

Setiap orang memiliki masalah rambut yang berbeda-beda. Meskipun pada shampoo telah terlampir label yang disesuaikan dengan jenis rambut, namun tidak ada salahnya Anda mencari shampoo dengan kandungan yang tepat untuk jenis rambut anda.

Agar mendapatkan shampoo yang tepat, ikuti panduan berikut ini dalam membeli shampoo. Ini dia yang harus diperhatikan, seperti dilansir Beauty About.

BAGI RAMBUT KERING

Bagi yang berambut kering, pilihlah shampoo yang mengandung essential fatty acids. Formula ini mengandung ekstra pelembab, manfaatnya untuk meningkatkan dan menjaga kelembaban rambut. Kadar asam (pH) pada shampoo juga harus diperhatikan. Untuk rambut kering, dianjurkan membeli shampo yang memiliki pH rendah. Sebab shampoo dengan pH tinggi akan menyebabkan kulit rambut menjadi terbuka, sehingga akan hilang kelembaban alaminya.

RAMBUT BERMINYAK
Untuk rambut berminyak, formula shampoo harus mampu membersihkan minyak dan lemak pada kulit kepala. Jenis clarifying shampo cocok untuk jenis rambut ini. Formulanya bermanfaat untuk mengurangi lepek dan kusam. Banyak yang tidak menyarankan menggunakan kondisioner pada rambut berminyak. Hal itu tidak benar, rambut berminyak tetap membutuhkan kondisioner. Namun pilihlah kondisioner dengan kandungan minyak lebih sedikit untuk mengurangi dan menstabilkan minyak rambut.

RAMBUT KETOMBE

Jika rambut Anda berketombe, pilih jenis shampoo dengan formula anti-dandruff (anti-ketombe). Shampoo jenis ini mampu membersihkan kepala secara efektif dan menghilangkan ketombe. Produk berbahan ketoconzale juga bagus untuk rambut berketombe. Formulanya berfungsi untuk mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan menormalkan kadar pH kulit kepala.

RAMBUT NORMAL
Jika rambut kamu tidak mudah kusut, tidak gampang berminyak, dan mudah diatur, maka rambut kamu bisa digolongkan ke dalam jenis rambut normal.
Perawatan yang bisa kamu lakukan adalah mencuci rambut dua kali seminggu dengan shampoo dan kondisioner khusus untuk tipe rambut normal. Keringkan dengan handuk.

Jika ingin menggunakan blower, blow rambut kamu, namun ingat antara blower dan rambut kamu jangan sampai menempel. Beri jarak sekitar 30 cm. Ini penting tak hanya untuk jenis rambut normal, namun juga jenis rambut lainnya, yaitu rambut berminyak, dan rambut kering.

Hindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam merawat rambut. Beberapa kesalahan yang sering timbul adalah :

Tidak memotong ujung-ujung rambut kamu tiap 6 minggu sekali.
Bagian ujung rambut lebih lemah daripada bagian akar. Hal ini cenderung membuat rambut lebih mudah patah dan kusut. Menggunting ujung-ujung rambut tiap 6 minggu sekali akan membantu menjaga kondisi dan mempertahankan gaya rambut kamu.

Mencuci rambut setiap hari.
Terlalu sering mencuci rambut kamu tiap hari akan membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Jika rambut kamu terlalu berminyak, jangan cuci setiap hari (meskipun untuk tipe rambut ini memang harus agak sering dicuci). Cuci rambut dua hari sekali, dan gunakan shampoo ringan dengan PH seimbang. Jangan menggosok-gosok kulit kepala saat mencuci rambut. Hal ini justru akan semakin merangsang kelenjar minyak menghasilkan sebum lebih banyak lagi.

Terlalu keras menggosok rambut dengan handuk saat ingin mengeringkannya.
Tindakan ini justru akan membuat kutikula rambut kamu menjadi lebih kasar, sehingga rambut menjadi keriting.

Masih meninggalkan sisa shampoo dan kondisioner di rambut kamu.
Shampoo dan kondisioner yang tidak dibilas dengan bersih akan memperparah kerusakan rambut kamu. Helai rambutmu akan menjadi kusam, rapuh, dan susah diatur. Jadi, pastikan untuk membilas rambutmu sampai bersih setelah keramas.

Mengeringkan rambut dengan blower sampai benar-benar kering.
Terlalu banyak memberikan panas pada rambutmu akan membuat rambut kamu menjadi lebih mudah rusak dan patah. Jika ingin mengeringkan rambut dengan blower keringkan hanya sampai 80 % saja, selebihnya biarkan kering sendiri secara alami. Beri jarak sekitar 30 cm antara rambutmu dengan blower.

Tidak menggunakan sampo yang direkomendasikan untuk tiap jenis rambutmu.
Banyak orang yang salah dalam menentukan jenis rambut mereka termasuk ke dalam tipe rambut yang mana, sehingga salah membeli produk perawatan rambut. Gunakanlah shampoo dan kondisioner yang direkomendasikan untuk tiap jenis rambutmu.

Tidak menggunakan shampoo pembersih setiap seminggu sekali.
Dimanapun kamu dan apapun aktivitas kamu, tiap hari polutan-polutan menempel di rambut kamu, dan meninggalkan lapisan kotoran di kulit kepala kamu. Gunakan shampoo pembersih tiap seminggu sekali untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel

Berpikir bahwa semua model potongan rambut terbaru pasti cocok untuk kamu.
Jika kamu berpikir demikian maka kamu akan lebih sering mengganti model-model potongan rambut dan hal ini justru akan membebani rambutmu. Pastikan kamu benar-benar mengetahui model potongan rambut yang cocok dengan bentuk wajah dan postur tubuhmu agar kamu tidak terlalu sering memberikan treatmen pada rambutmu.

3 komentar:

panduan belajar blog said...

waaah, bagus nih tipsnya.
saya coba praktikan untuk jenis rambut saya. :)

Anonymous said...

SIPPPPPP
BS D'CB,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

catatanbundafirzha.com said...

bagaimana untuk shampo herbal,apakah dengan tips yang sama ?

Post a Comment